Cara Membagikan Projek Android Studio Di GitHub


ARtikel kali ini akan membahas dan menjelaskan mengenai Cara Membagikan Projek Android Studio Di GitHub. Android Studio sendiri merupakan  perusahaan aplikasi resmi dari IDE (integrated development environment) untuk operasi sistem Android google di bangun di atas software JetBrains’ IntelliJ IDEA dan dirancang khusus untuk pengembangan android. GitHub ialah  layanan hosting kontrol versi berbasis web yang populer untuk pengembangan perangkat lunak dan berbagi kode pemograman. Banyak dari android developer menggunakan Android Studio untuk mengembangkan projek android daripada yang lain. Jadi hari ini kami ingin membagikan tips sederhana untuk kalian sebagai android developer Supaya Bisa Membagikan Projek Android Studio sebagai repositori baru di GitHub ang bisa kamu simak dibawah ini

Cara Membagikan Projek Android Studio di GitHub
1. Buat Akun GitHub
Sebelum kalian bisa mengupload projek kalian di GitHub, ada kalanya kalian Sign Up terlebih dahulu di situs GitHub.
Sign Up https://github.com/
2. Download dan Install Git
Apabila kalian sudah mempunyai  akun GitHub, kalian download aplikasi Git dan install pada PC atau Laptop yang ada Android Studio yang sering kalian pakai untuk membuat projek.
Download Git for Windows: http://git-scm.com/download/win
Download Git for Mac: http://git-scm.com/download/mac
Download Git for Linux: http://git-scm.com/download/linux
3. Login Akun GitHub
Setelah kalian mengintall aplikasi Git pada PC atau Laptop kalian. Sekarang kita akan login ke akun GitHub melalui yang terdapat pada Android Studio. Untuk bisa login ke GitHub melalui Android Studio, buka projek Android Studio apa saja bebas terserah kalian. Setelah itu ke File > Settings > Version Control > GitHub. Kemudian Klik Add account selanjutnya masukkan email login dan password akun github. klik log in.

4. Konfigurasi Git
Untuk Android Studio versi terbaru, umumnya lokasi git.exe otomatis terdeteksi di Android Studio. Tetapi untuk pengecekan, kalian bisa pergi ke File > Settings > Version Control > Git dan cari git.exe lalu klik tombol test. Apabila muncul pesan sukses kalian klik ok lalu klik ok lagi di setting untuk menyimpan perubahan yang telah kita lakukan.
5. Mengaktifkan VCS di Projek Android Studio
Untuk bisa mengaktifkan VCS di projek android sekarang ini. Kalian dapat pergi ke VCS > Enable Project for Version Control Integration dari menu bar Android Studio. Akan tetapi terdapat  jendela baru pada saat kalian mengklik Enable Project for Version Control Integration dan pilih Git pada Select a version control system to associate with the project root kemudian klik ok.



6. Bagikan Projek ke GitHub
Setelah itu anda bisa pergi ke menu bar Android Studio klik VCS > Import into Version Control > Share Project on GitHub. Kemudian akan muncul jendela baru (Shared Project on GitHub). Beri nama pada Repository name (nama yang akan muncul pada repositori GitHub kalian). Tambahkan deskripsi pada Description box kemudian klik Share, maka akan muncul jendela baru lagi. Pada jendela ini semua file akan terpilih secara otomatis. Apabila ada file yang ingin dibuat rahasia kalian tinggal unselect pada file tersebut. setelah semua nya klik tombol Add.  Sekian ulasan artikel yang dapat kami jelaskan mengenai Cara Membagikan Projek Android Studio Di GitHub, terima kasih telah  berkunjung dan membacanya, semoga bermanfaat.